HOME

follow us in twitter

follow us in twitter

Selasa, 27 April 2010

Pemecahan Korea

Pemecahan Korea secara efektif dimulai pada 8 September 1945, ketika Amerika Serikat menduduki zona bagian selatan semenanjung, sementara Uni Soviet mengambil alih daerah di atas garis 38 derajat lintang utara.

  • Tanggal 22 November 1943 pada Konferensi Kairo, disetujui bahwa Korea akan dibebaskan dan merdeka.
  • Dalam konferensi di Yalta bulan Februari tahun 1945, disetujui bahwa Korea akan dibagi ke dalam wilayah 4 perwakilan (gabungan) negara (trusteeship).
  • Tanggal 9 Agustus 1945, tentara Uni Soviet memasuki Korea sebelah utara dari Siberia.
  • Tanggal 15 Agustus 1945, Jepang menyingkir dari Korea setelah kekalahannya dari tentara sekutu
  • Bulan Desember 1945, sebuah konferensi di Moskow mendiskusikan tentang masa depan Korea dan dibuatlah Komisi Gabungan Soviet-AS. Komisi ini mendiskusikan tentang pengesahan pemerintahan nasional di Korea.
  • Bulan September 1947, AS mengajukan permintaan Korea kepada Majelis Umum PBB

Harapan untuk penyatuan dan kemerdekaan Korea secara cepat menguap akibat pengaruh dari Perang Dingin dan ketidaksetujuan terhadap rencana pembentukan negara komunis pihak utara sehingga akhirnya tahun 1948 Korea terpecah menjadi dua negara yang berbeda ideologi, sistem ekonomi dan sosial. Tanggal 12 Desember 1948, dengan resolusi 195 [24] dalam sidang Majelis Umum PBB ke 3, PBB menyatakan bahwa Korea Selatan (Republic of Korea) adalah satu-satunya pemerintahan Korea yang sah. Pada bulan Juni 1950 Perang Korea pecah ketika pihak Korea Utara menyerbu Korea Selatan dengan melewati garis pararel 38 derajat, yang mengakhiri semua kemungkinan dan harapan akan reunifikasi kedua Korea.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Korea

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com
Sponsored by Free Web Space